Mengenal Wisata Gunung Tampomas dan Rutenya

iklangratis.org – Gunung Tampomas merupakan wisata yang cocok bagi para pendaki dan pencinta gunung. Tidak hanya menawarkan kemegahan alam, tetapi juga jalur pendakian yang cukup menantang.

Dikutip dari Naskah Sumber Arsip Statis dengan Narasi Kreatif Tujuan Wisata , Dyah Safitri, (56:2023), Pegunungan Tampomas termasuk dalam kawasan Taman Wisata Alam (TWA), yang memiliki kekayaan flora dan fauna di dalamnya.

Mengenal Wisata Gunung Tampomas

Gunung Tampomas merupakan nama gunung yang ada di Sumedang, Jawa Barat. Dahulunya, nama gunung ini sering disebut sebagai gunung gede, namun seiring perkembangannya banyak warga yang menyebut “Tampomas”.

Di balik nama “Tampomas” terdapat kisah yang melegenda sejak dulu. Singkat cerita, nama “Tampomas” berasal dari Kerajaan Sumedang yang melemparkan keris emas milik nenek moyang hasil bisikan iblis.

Secara geografis, gunung ini memiliki ketinggian 1684 mdpl dengan luas 1074 hektare. Posisinya yang menjulang tinggi, membuat siapa pun dapat melihatnya dengan jelas dari arah barat atau timur.

Namun, dari keputusan Menteri Pertanian, Gunung ini telah ditunjuk sebagai taman wisata alam dengan luas ± 1.250 Ha, sejak tahun 1979.

Dari titik puncak gunung, para pendaki dapat melihat keindahan kota Sumedang dan Subang. Selain itu, para pendaki juga bisa menyaksikan kemegahan ragam pegunungan di sekitarnya, yang meliputi Gunung Cikuray, Gunung Ciremai, Gunung Kareumbi, Gunung Manglayang, dan gunung-gunung di Jawa Barat.

Jalur pendakian gunung ini diklaim memiliki ciri khas medan yang cukup terjal, atau dikenal dengan istilah garutan. Tentu saja jalur pendakian ini cukup menantang, tetapi hal ini akan terbayar dengan suguhan pemandangan di atas puncaknya.

Salah satu jalur pendakian yang paling banyak disukai untuk mencapai titik puncak adalah melalui Desa Cibeureum Kulon, Kecamatan Cimalaka, Sumedang.

Lokasi, Rute, dan Info Gunung Tampomas yang Harus Diketahui Pendaki

Secara administratif, lokasi gunung ini meliputi Kecamatan Buah Dua, Congeang Tanjungkerta, dan Cimalaka Kabupaten Sumedang. Adapun sedikitnya panduan atau rute untuk titik pegunungan Tampomas adalah sebagai berikut.

  • Dari Bandung bisa ambil arah ke kawasan Kabupaten Sumedang
  • Kemudian ambil jalur Cibeureum wetan-Cimalaka
  • Dari Cibeureum Wetan-Cimalaka menempuh jarak kurang lebih 6 KM untuk sampai ke pintu masuk kawasan gunung dengan medan jalan bebatuan.

Para pendaki yang membawa motor bisa menitipkan kendaraannya ke jasa penitipan dengan membayar tarif Rp10.000. Sebelum memulai pendakian, para pendaki juga harus mengisi dan mengumpulkan formulir terkait biodata dan surat pernyataan ke petugas pengelola.

Baca Juga:

Slotnya x500

Sebarkan Merah Muda

mega4d mega4d mega4d mega4d mega4d mega4d

mega4d mega4d mega4d mega4d mega4d mega4d

mega4d mega4d

rokokbet rokokbet rokokbet

FOR4D FOR4D FOR4D FOR4D FOR4D FOR4D FOR4D FOR4D

FOR4D FOR4D FOR4D FOR4D FOR4D FOR4D FOR4D

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *