Terasering Panyaweuyan Majalengka, Destinasi Wisata Persawahan yang Indah
iklangratis.org – Terasering Panyaweuyan merupakan salah satu destinasi wisata alam di Majalengka yang memiliki daya tarik berupa panorama hamparan sawah serta perbukitan yang ditanami sayuran dan dibuat secara berundak-undak. Hal inilah yang membuat tempat ini semakin unik dan estetik.
Bahkan panorama terasering yang berada di lereng Gunung Ciremai ini tidak kalah dengan terasering yang ada di Ubud Bali. Jadi, tidak heran jika objek wisata ini selalu ramai oleh para pengunjung yang datang.

Lokasi dan Daya Tarik Terasering Panyaweuyan

Terasering Panyaweuyan Majalengka, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Ilmi Amali QA / Unsplash
Mengutip laman disparbud.jabarprov.go.id, Terasering Panyaweuyan berada di Desa Sukasari Kidul, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Kurang lebih dapat ditempuh selama 30 menit dari pusat kota.
Di sini wisatawan bisa melihat hamparan hijau persawahan dan perbukitan yang dibuat berundak-undak untuk menanam berbagai sayuran. Oleh masyarakat sekitar, biasanya sering ditanami daun bawang, bawang merah, kubis, selada, dan lain sebagainya. Terdapat juga hamparan bunga liar dan rerumputan yang cukup indah.
Suasana sejuk khas pegunungan juga semakin terasa, bahkan wisatawan bisa melihat megahnya Gunung Ciremai dari kejauhan. Tidak hanya itu saja, ada banyak spot foto menarik yang instagenic.
Jika ingin naik ke puncak bukit, pengunjung bisa menggunakan tangga yang juga dibuat secara estetik. Selain itu, panorama yang tidak kalah indahnya adalah ketika menyaksikan matahari terbit atau terbenam dari puncak bukit.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Terasering Panyaweuyan

Terasering Panyaweuyan Majalengka, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Ilmi Amali QA / Unsplash
Wisata alam ini hanya dikenai tarif masuk sebesar Rp12.000 saja per orangnya. Namun, ada biaya parkir sebesar Rp10.000 untuk mobil dan Rp3.000 untuk sepeda motor. Sedangkan jam operasional biasanya mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.
Mengenai fasilitas pendukung yang tersedia terbilang sudah cukup lengkap. Di sana sudah terdapat toilet, musala yang didesain dengan indah, tempat untuk duduk-duduk dan istirahat, bahkan tersedia juga warung-warung penjual makanan.
Bagi yang ingin ke Terasering Panyaweuyan, pastikan untuk menghindari musim kemarau agar bisa melihat hamparan terasering yang hijau, indah, dan estetik. Jangan lupa juga siapkan kendaraan dan fisik yang prima karena rute menuju ke sana cukup curam dan menanjak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *