Lobang Jepang Bukittinggi: Objek Wisata Sejarah Peninggalan Nippon

Lobang Jepang Bukittinggi: Objek Wisata Sejarah Peninggalan Nippon
iklangratis.org – Lobang Jepang Bukittinggi merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang berada di Provinsi Sumatera Barat. Destinasi wisata ini menjadi saksi zaman penjajahan Jepang yang saat itu menguasai wilayah Bukittinggi.
Lobang Jepang dahulu merupakan terowongan perlindungan yang dibuat oleh tentara pendudukan Jepang sekitar tahun 1942. Saat ini, bangunan peninggalan tentara Nippon itu telah difungsikan sebagai tempat wisata.

Sekilas tentang Lobang Jepang Bukittinggi

Lobang Jepang Bukittinggi. Foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/ biemme zeta.
Dikutip dari situs p2k.stekom.ac.id, Lobang Jepang Bukittinggi merupakan sebuah terowongan (bunker) perlindungan yang dibangun oleh tentara pendudukan Jepang. Terowongan ini dibangun untuk kepentingan pertahanan.
Lobang Jepang ini dibangun atas instruksi Letjen Moritake Tanabe. Ia merupakan Panglima Divisi ke-25 Angkatan Darat Jepang. Terowongan ini dibangun sejak Maret 1942 hingga selesai dikerjakan pada Maret 1944.
Pembangunan terowongan ini dilakukan secara paksa dengan mendatangkan pekerja dari berbagai daerah, seperti Jawa, Kalimantan, hingga Sulawesi tanpa melibatkan masyarakat sekitar Bukittinggi. Tujuannya adalah untuk menjaga kerahasiaan.
Panjang terowongan ini mencapai 1400 m dengan bentuk yang berkelok-kelok dan memiliki lebar sekitar 2 meter. Terdapat sejumlah ruangan khusus di dalam terowongan ini, seperti ruang pengintaian, ruang penyergapan, penjara, dan gudang senjata.
Pengunjung yang ingin menyusuri terowongan ini harus menaiki 132 anak tangga terlebih dahulu. Saat menginjakkan kaki di bawah tanah, pengunjung akan diajak seolah merasakan kehidupan pahit di masa lampau.

Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Lobang Jepang Bukittinggi

Lobang Jepang Bukittinggi. Foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/ Chris Buckwald.
Lobang Jepang Bukittinggi terletak di Jalan Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Lokasinya hanya sekitar 1 Km dari Jam Gadang Bukittinggi.
Bagi pengunjung yang ingin masuk dan menyusuri Lobang Jepang akan dikenakan biaya tiket masuk seharga Rp15.000 per orang. Pihak pengelola juga menyediakan jasa pemandu, pengunjung bisa menggunakan jasa ini dengan biaya tambahan.
Destinasi wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB. Jika ingin mendapatkan suasana yang tidak terlalu ramai, sebaiknya jangan datang saat akhir pekan atau musim liburan.
Lobang Jepang Bukittinggi bisa menjadi destinasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Di tempat wisata ini, pengunjung bisa melihat kekokohan bangunan yang dibangun oleh tentara Nippon.
Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *